Momen Seru Kehidupan (bagian 1)

Ada siang, ada malam. Jumlah pria dan wanita, jantan dan betina di dunia ini cukup seimbang. Inilah yang disebut keseimbangan alam. Karenanya, hidup itu seharusnya seimbang. Maka itu, setelah dipikir-pikir kembali, banyaknya tragedi pada (awal-awal) kehidupan saya ternyata sebanding kok dengan keseruan-keseruan yang pernah saya alami. Hehehe. Dan ternyata memang hidup itu bergantung dari bagaimana kita memandangnya. Jika kita memandang hidup ini sial, sulit, sebuah penderitaan, dan semacamnya, maka itulah yang akan kita dapatkan, karena kita membiarkan alam bawah sadar kita terus menghitung dan mengakumulasi setiap penderitaan, kesialan, atau pun tragedi dalam hidup kita sehingga tampak begitu nyata, banyak, dan mendefinisikan hidup kita. Sedangkan, kalau kita rajin menghitung berkah yang kita dapat, sekecil apa pun itu, maka kita akan merasa begitu beruntung.

Jadi, hari ini saya akan menuliskan cerita tentang kenangan seru atau pun beragam kejadian yang dulunya mungkin sebuah tragedi tetapi sekarang sudah saya pandang hanya sebagai bagian dari hidup pada blog saya ini agar semua memori tersebut tidak pernah tiada.

IMG-20151206-WA0001

Masa-masa SMP.
Saat SMP, saya bersama 6 teman wanita di kelas membentuk geng yang sampai saat ini masih eksis dan terkenal, yaitu F7!
Mau tau dari mana nama F7 berasal? Dari boyband asal Taiwan terkenal pada masa itu yang pasti Anda juga tahu, yaitu F4. LOL! Kami bentuk F7 di dalam toilet panjang di sekolah yang tidak ada cerminnya. Jadi di sana kami bukan narsis-narsisan, tapi membentuk geng ini! Kami sahkan geng kami ini saat kelas 3 SMP which is sebagai kelas paling senior di SMP yang muridnya sangat sedikit dan hanya kami satu-satunya geng perempuan yang isinya hingga 7 orang, maka kami sungguh banyak gaya saat itu, sok berkuasa, dan berisik. :)) Bagi yang kami anggap rese’ saat itu, kami tempelkan note bertuliskan “You’ll be Dead” di loker orang tersebut. Note dan permainan tersebut juga terinspirasi dari film Meteor Garden-nya F4. Haha.

Jadi, 4 di antara kami itu berteman dari TK, 2 dari SD, sedangkan 1 dari SMP. Namun, saat masuk SMA, 5 di antara kami pindah sekolah. Hanya saja tentunya tidak memisahkan kami karena sampai hari ini kami masih sering bertemu. Dari usia pertemanan yang panjang seperti itu, jelas kami pernah bersinggungan satu sama lain. Namun itu dulu. Sekarang sudah jarang sekali terjadi.

Masa-masa SMA.
Sepertinya betul filosofi bahwa what goes around comes around. Hahaha, karena ketika SMA, jadinya malah saya yang di-bully. :)) Tapi di jenjang yang sama juga saya ingat saya pernah dipercayai oleh sekolah untuk membuat dan menyutradari drama Natal sekolah. Waktu itu saya membuat cerita tentang kelahiran Yesus tetapi seolah-olah di jaman modern tepatnya di tahun tersebut. Pemeran Maria (ibu Yesus) dalam drama saya saat itu adalah teman segeng F7 saya sendiri, dan ia memerankannya dengan begitu apik! Jadi, ada adegan di mana ia harus mules-mules sakit perut karena ceritanya sudah mau melahirkan. Di situ, aktingnya lucu sekali. Saya bersyukur sekali karena seisi ruangan tertawa saat drama berlangsung, dan saat usai acara, ketua yayasan sekolah saya dulu menawarkan kami untuk tampil lagi di acara Natal sebuah gereja, tetapi sayangnya beberapa pemeran drama sudah pulang saat itu sehingga sulit sekali diinfokan kembali satu per satu.

Masa-masa bergereja.
Saya menjadi jemaat tetap bahkan sempat terlibat sebagai pekerja di sebuah gereja sejak SMA. Beberapa hal yang tak terlupakan adalah saya bersama beberapa teman-teman gereja selalu memberikan surprise kepada teman yang berulang tahun setiap tahunnya, hingga lama-lama jadi tidak surprise karena jadi sebuah rutinitas. Hahaha.

Selain itu, di gereja inilah saya pernah ikutan semacam LDK gitu, tapi.. konsep LDK-nya benar-benar seperti militer kalau menurut saya. Saya ingat banget, waktu itu konsep bermalamnya seperti camping. Lokasi camp kami ini di hutan D’Jungle Private Camp Bogor. Selama camp, kita tidak boleh bawa HP atau alat elektronik apa pun. Jadi semuanya dititip. Bagi yang wanita, tidak boleh bawa barang make-up apa pun. Kalau tidak salah ingat, pakaian juga diatur hanya boleh bawa berapa, lalu minuman juga diatur harus bawa berapa. Sesampainya di area D’Jungle, ternyata bus diparkirkan cukup jauh dari lokasi camp kami. Jadi, malam itu kami harus jalan cukup jauh dan menanjak, dari bus sampai ke camp dalam keadaan membawa tas berisi barang-barang bawaan kami. Baru sampai loh, tapi sudah mulai tantangannya. :)) Ketua acara camp dipanggil komandan. Dan pola komunikasinya adalah yang suranya keras sekali begitu. Dari semua yang ikutan camp ini, dibentuk beberapa grup. Jika ketua grup melakukan kekeliruan, maka ketua acara akan berteriak; “pemimpin macam apa kamu begini saja tidak bisa?!! Pemimpin karbitan!!” Waktu itu kami jelas kaget saat dibentak, tapi sekarang jadi lucu ingatnya. Hahaha.

Banyak simulasi dan outbound game yang kami mainkan saat itu. Saya beri contoh salah satunya ini; waktu itu masing-masing dari grup diberi tugas untuk selalu membawa 1 butir telur selama acara yang berlangsung 3 hari 2 malam ini. Perintahnya adalah telur tersebut tidak boleh ada lecet sedikit pun sampai pada hari terakhir. Nah, karena kami selalu bawa saat acara, sedangkan konten acaranya ada di mana kami harus berjalan jauh melewati sungai bebatuan, lalu outbound, dan lain-lain, tidak tahunya telur yang kami bawa pun lecet. Saat hari di mana telur kami diperiksa dan ditemukan ada lecet, ya langsung dibentak oleh ketua acara; “kok bisa lecet?? Ada 8 orang dalam 1 grup (saya lupa lebih tepatnya ada berapa orang segrup), masa’ disuruh jaga 1 telur begini saja tidak mampu??” — Ya, jadi pada setiap simulasi yang diberikan ada nilai-nilai di dalamnya. Untuk simulasi yang ini adalah bicara tentang tanggung jawab.

— bersambung ke bangian ke-2.

 

 

Tagged: , , , , , , , , , , ,

One thought on “Momen Seru Kehidupan (bagian 1)

  1. […] ini saya mau menyambung cerita Momen Seru Kehidupan (bagian 1) sebelumnya. Nah, setelah masa SMP lalu SMA, masuklah ke masa kuliah dan ngantor. Apa sih […]

Leave a Reply

