Semesta dan Hubungannya dengan Drama Kehidupan

Scale of Universe by http://htwins.net/scale2/

Scale of Universe by http://htwins.net/scale2/

Sangat disarankan! Coba tonton slide di htwins.net/scale2 tentang the Scale of the Universe seperti yang di atas. Baiknya dilihat via laptop atau mungkin App Store bagi yang punya iOS. Melihat itu, kita akan begitu tersadar kalau keberadaan planet bumi di semesta yang luasnya tiada batasan dan kompleks ini, ukurannya bahkan bisa jadi lebih kecil dari setitik butiran pasir. Jadi, apalagi keberadaan kita? Dari sini kita akan sadar bahwa segala drama kehidupan yang ada di bumi ini, dari peperangan, masalah politik ekonomi, apalagi keribuatan rumah tangga dan drama kehidupan pribadi kita itu ternyata hanya sebatas ilusi. Cocok tidak jika saya bilang seperti “keributan anak-anak yang dibuat-buat sendiri”? Dibuat oleh manusia, yang hanya merupakan salah satu dari berbagai variasi mahluk hidup pada kelas mamalia, tapi seringkali merasa diri terlalu penting. Padahal, ujung-ujungnya semua itu juga akan lenyap seketika bagaikan tiada arti.

Seringkali kita memelodramakan sesuatu, bahkan untuk hal spele. Hanya orang childish, lebay, atau bahkan bebal yang hobi membesar-besarkan hal yang kecil, dan menganggap kecil hal yang justru seharusnya bisa jadi besar. Biasanya kesadaran ini akan makin tinggi, kalau kita sudah pernah mengalami patah hati (broken heart) apalagi hingga pain. Menurut Oxford dictionary, broken heart memiliki definisi used in reference to a state of extreme grief or sorrow, typically caused by the death (death di sini berhubungan dengan kehilangan) of a loved one or the ending of a romantic relationship. Lalu menurut Merriam-Webster dictionary, pain memiliki difinisi mental or emotional suffering: sadness caused by some emotional or mental problem.

Dari kondisi tersebut, kita akan dituntut oleh kehidupan untuk belajar lebih ikhlas dalam menerima kenyataan, lebih santai menghadapi kehidupan ini, dan belajar dari kesalahan yang mungkin pernah kita perbuat agar tidak terulang lagi kegagalan yang sama. Kita juga akan sadar bahwa tidak semua yang kita rencanakan pasti terwujud. Tidak semua yang kita inginkan pasti bisa kita miliki. Sadar bahwa semua ini fana dan hanya sementara. Tidak ada satu apa pun yg dibawa ketika kita berpulang, kecuali apakah kita meninggalkan sesuatu yang bermanfaat atau tidak selama hidup.

unive2

Scale of Universe by http://htwins.net/scale2/

Bicara lagi soal slide yang ditampilkan di htwins.net/scale2. Semakin kamu scroll ke kiri, artinya kamu akan melihat benda di semesta ini dengan ukuran yang semakin kecil. Alangkah kecilnya, bukan? 0,0-nya banyakk sekali. Saking kecilnya (sampai-sampai sulit untuk diteliti) benda itu layaknya ‘tidak ada’ di dunia ini, tapi sebenarnya ya ada. Mungkin bisa jadi ini yang sering disebut antara ada dan tiada. Sangat sulit terlihat dengan kasat mata, tapi sebenarnya ada di sekeliling kita.

Advertisements

Tagged: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: